Modus pencarian cepat

Tugas KKPI 1 (menjelaskan simbol copyright, trademark, registered, freeeware,shareware and opensource)

Simbol Copyright, Registered,Trademark, freeeware,shareware and opensource


Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuat simbol copyright (©), registered (®), dan trademark (™). Untuk membuat ketiga simbol tersebut dalam postingan di Blogger, kita dapat mengetikkan kode tertentu pada posisi Edit HTML. Kode-kodenya dapat dilihat pada tabel di bawah ini.


Kode HTMLSimbol untukHasil
©copyright©
®registered®
™trademark




Selain dengan kode HTML, kita juga dapat membuat ketiga logo tersebut dengan menggunakan tombol Alt pada keyboard. Caranya, tekan dan tahan tombol Alt kemudian ketikkan angka/kode di numerical keypad. Setelah itu lepaskan tombol Alt. Berikut kode/angka yang digunakan untuk membuat ketiga simbol/logo tersebut di atas.

Kode/AngkaSimbol/Logo
0169©
0174®
0153


Untuk simbol-simbol atau karakter-karakter lainnya yang dapat dibuat dengan menggunakan tombol Alt, silakan lihat di sini. Bila kita mengetik di program Microsoft Word, kita dapat menggunakan tiga tombol tertentu pada keyboard untuk membuat ketiga simbol tersebut. Tombol-tombol apa sajakah itu? Silakan lihat tabel di bawah ini.


TombolSimbol/Logo
Ctrl + Alt + C©
Ctrl + Alt + R®
Ctrl + Alt + T

Freeware adalah aplikasi atau software gratis yang dapat didownload dan digunakan namun memiliki batasan hak pencipta. Biasanya disertai syarat tidak boleh memodifikasi software tersebut. Ada juga yang disertai syarat harus untuk kepentingan non-komersial. Tetapi syarat mutlaj sebuah software disebut Freeware adalah tanpa batasan jumlah dan waktu pemakaian. Konten Freeware isinya beragam. Ada yang berupa aplikasi (software), dokumen (eBook), source code, engine web (wordpress, CMS, phpBB). Aplikasi Freeware yang dapat kamu gunakan antara lain Opera, FlashGet, Winamp.  

- Shareware berarti software yang dapat di-download dan digunakan secara gratis. Namun penggunaannya memiliki batas waktu. Konten seperti ini juga bisa disebut trial, karena berarti kamu diberi waktu tertentu untuk mencoba, kemudian jika kamu merasa softwarenya bagus, maka kamu diharuskan membeli. Shareware sering dibatasi lamanya waktu pakai (misalnya trial 30 hari) atau jumlah software tersebut dijalankan (misalnya 30 kali), atau bisa juga terdapat fitur – fitur tertentu yang tidak bisa diakses. Setelah pembatasan tersebut habis digunakan, software akan terkunci sehingga tidak dapat digunakan, atau bisa berfungsi dengan batasan – batasan tertentu. Untuk ‘membuka’ kunci ini biasanya diperlukan Serial Number yang didapatkan setelah kamu melakukan pembelian secara resmi. Contoh aplikasi seperti ini antara lain Internet Download Manager, WinRar, Norton Antivirus atau Angry Birds.  

- Open Source merupakan istilah bagi software yang dapat dimodifikasi ulang sesuai keinginan penggunanya. Software seperti ini dapat didownload secara gratis dan source code-nya dibuka untuk public, sehingga buat kamu yang mengerti dan berniat untuk melakukan modifikasi software kamu bisa memodifikasi, mendistribusikan atau mempublikasikan hasil karya kamu dengan syarat – syarat tertentu, misalnya dengan tetap mempertahankan nama softwarenya. Tujuan pembuatan software open source biasanya bukan untuk tujuan komersil, tetapi lebih ke tujuan social bagaimana sebuah software dapat bermanfaat bagi para penggunanya. Contoh untuk sistem operasi Open source adalah Linux, Unix dan Free BSD. Selain untuk sistem operasi, Open Source juga digunakan untuk beberapa aplikasi seperti Free Download Manager, Google Chrome, Mozilla Firefox, MySQL, LibreOffice, eMule atau Audacity.  Demikian informasi singkat mengenai pengertian Freeware, Shareware dan Open Source. :) 

1 komentar "Tugas KKPI 1 (menjelaskan simbol copyright, trademark, registered, freeeware,shareware and opensource)", Baca atau Masukkan Komentar

Unknown mengatakan...

semoga dapat nilai memuaskan